Friday, September 17, 2004

SP2 Tools

Microsoft dalam waktu dekat ini akan mengeluarkan pieranti lunak khusus yang akan digunakan untuk menguji kompabilitas Service Pack 2 untuk Windows XP. Hal ini dilakukan karena mendapat tanggapan dari berbagai penggunanya yang mengeluhkan tentang banyaknya program dan aplikasi terkenal umum tidak dapat berjalan di setelah menginstall SP2 (red: lihat artikel sebelumnya).

Software tersebut adalah Application Compability Toolkit versi 4.0 (ACT 4.0) yang ditujukan untuk para profesional dalam teknologi informasi untuk membantu menyelesaikan masalah kompabilitas dengan Windows XP SP 2. Seperti yang dijelaskan Microsoft bahwa SP2 menutup berbagai komponen dan membatasi akses terutama dalam penggunaan port yang sebelumnya terbuka di Windows XP. Ternyata hal ini menyebabkan beberapa aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik.

Efek tidak langsung karena hal tersebut adalah download SP2 yang kurang ditanggapi dengan antusias oleh para penggunanya walau SP2 sudah tersedia selama 2 bulan sejak Agustus lalu. ACT 4.0 yang versi Beta kemungkinan tersedia dan dapat didownload di situs Microsoft pada Oktober. Sebelumnya dalam SP2 sudah terdapat ACT versi 3.0 yang berisikan panduan dan sejumlah tools bagi para pengembang atau developer saja.

ACT versi 4.0 memiliki beberapa fasilitas tambahan misalnya Application Compatibility Analyzer 2.0 untuk memeriksa data jaringan dan aplikasi yang berjalan dan membuat laporan yang membantu membuat prioritas pengujian aplikasi. Fasilitas lainnya adalah Risk Management Mitigation yang berfungsi mengidentifikasikan potensi masalah yang berhubungan dengan Windows Firewall, Internet Explorer, Distributed Component Object Model (DCOM) dan memberikan saran. Fitur lainnya yaitu Compatibility Administrator akan membuat paket-paket perbaikan setelah mengetahui masalah kompabilitas tersebut. ACT 4.0 juga mengediakan petunjuk dalam format video dan berbagai dokumentasi. Salah satu fitur yang dihilangkan adalah Application Verifier yang hanya terdapat dalam versi sebelumnya, hal ini disebabkan tujuan dalam
aplikasi ini adalah untuk membantu implementasi SP2.

Diharapkan dengan adanya perbaikan ini maka migrasi menjadi Windows XP SP2 diharapkan menjadi lebih lancar. Microsoft sendiri sangat menyarankan untuk mengupgrade dengan SP2 tersebut karena diharapkan akan menutupi berbagai celah keamanan yang dianggap berpotensi berbahaya.

well semoga aja deh (^_^)v tapi aku masih tetap cinta YM dan ZA ku (;_;)

Related Posts



Related Posts



No comments: