Saturday, September 04, 2004

Firewall Windows XP SP 2 Yang "Terlalu" Sempurna

Terdapat sejumlah program yang diketahui tidak dapat berjalan di Windows XP SP2. Hal tersebut dikarenakan penyempurnaan Windows firewall. Termasuk diantaranya adalah beberapa aplikasi antivirus dan program aplikasi terkenal.

Tidak berfungsinya program tersebut karena adanya gangguan pada setting pada Windows Firewall Security yang memicu berhenti berfungsinya aplikasi tersebut setelah diinstall di Windows XP SP2. Windows Firewall Security akan memblok semua program yang menggunakan port tersebut. Bahkan ada beberapa program yang tidak dapat diinstall sama sekali, yaitu : BitDefender AntiSpam, Norton System System Works 2003, Norton System Works 2004 dan Zone Alarm.

Sedangkan program yang berhenti total setelah diinstall adalah Sysmantex AntiVirus Corporate Edition 8.0, Cute FTP, AutoCAD 2000, 2002, 2004, Computer Associate Arc Server, Microsoft SQL 2000a, eTrust 6.0.100, serta beberapa game populer seperti Need For Speed : Hot Pursuit dan Unreal Tournament.

13 Program yang mengalami masalah di Windows XP SP2 adalah sebagai berikut :
Nama Aplikasi              Versi   Prosesor
-----------------------------------------------------
AOL Toolbar                1.13.2  32 dan 64 bit (NX)
BitDefender AntiSpam       7       64 bit (NX)
Command Antivirus          4.9     32 dan 64 bit (NX)
Live Motion                1       32 dan 64 bit (NX)
MapSend DirectRoute        1.0     32 dan 64 bit (NX)
MPEGcraft DVD              All     32 dan 64 bit (NX)
NOD32 for Windows          6.09    64 bit (NX)
Norman Personal Firewall   1.4     64 bit (NX)
Norton Antivirus           2003    32 dan 64 bit (NX)
Norton SystemWorks 2003    2003    64 bit (NX)
Norton SystemWorks 2004    2004    64 bit (NX)
Windows-Eyes Profesional   4.2     32 dan 64 bit (NX)
Yahoo Instant Messenger    6       32 dan 64 bit (NX)
-----------------------------------------------------


Penyempurnaan fitur Windows Firewall Security ini akan secara otomatis memblok port yang tidak dikenal dan jarang digunakan. Tetapi jangan khawatir karena ada SOLUSI bagi yang telah terlanjur mengintall SP2 maupun yang akan menginstallnya. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan membuka secara manual port-port tersebut sehingga tidak menimbulkan gangguan pada aplikasi lain. Namun tentu saja hal ini akan mengakibatkan terbukanya port tersebut sehingga beresiko untuk diserang. Dengan menggunakan aplikasi NETSTAT di command prompt untuk mengetahui port mana saja yang ditutup lalu membukanya kembali pada Windows Firewall.

Langkah terbaik untuk mengatasi blocking dari firewall menurut situs resmi Microsoft adalah dengan memodifikasi program dengan stateful filtering firewall. Jika langkah tersebut masih gagal maka pengguna dapat mengkonfigurasikan Windows Firewall Security untuk menambah program exception yang diperbolehkan untuk mengakses port tersebut dan port lain yang spesifik.

Hmm padahal aku baru mau install WinXP SP2 yang menjadi syarat buat install XP berbahasa Indonesia. Duh aku masih cinta ama YM dan ZoneAlarm-ku deh (^_^)

Kalo mau tahu lebih banyak dan lebih detail tentang setiap aplikasi yang bermasalah bisa lihat di situs Microsoft: http://support.microsoft.com/default.aspx?kbid=842242&product=windowsxpsp2

di Web tersebut ada list port yang bermasalah dan kesalahan secara detail penyebab error beberapa aplikasi tersebut tidak jalan. Ckckck penyebabnya kan udah jelas yaitu SP2 nya, gimana sih !!!!
\(^o^)/

Well just artikel about knowledge and stuff like that. Aku juga bagi ke milis b_n_c_c dan ke blognya fany dan beberapa temenku (^_^)v. beginilah kalo programmer gak ada kerjaan di kantor. Hahahaha kirim email sampai puas deh (^_^)

byebye night

Related Posts



Related Posts



No comments: