Wednesday, August 25, 2004

ERP Application and Friends

Hmm apa itu ERP ? Singkatannya adalah Enterprise Resource Planning. Hmm kalo definisi sederhananya sih suatu usaha perencanaan yang baik untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya di suatu perusahaan secara terintegrasi dari awal manufactur sampai akhir dan kaitannya dengan pihak eksternal seperti perpajakan, laporan keuangan publik dll.

Nah bagaimana sih caranya supaya suatu perusahaan bisa mengetahui dan menggunakan semua sumber dayanya dengan efisien dan efektif. Nah jaman sekarang yang serba terkomputerisasi biasanya menggunakan aplikasi bisnis yang terintegrasi ke seluruh sumber daya perusahaan dimulai dari manufaktur, inventori, marketing, finansial, sales , pembelian dan lain sebagainya. Aplikasi tersebut akan membantu agar data bisa dipakai oleh divisi yang tepat dan dengan penggunaan yang tepat pula.

Ckckck kelihatannya hebat ya? (^_^)v. Semua datanya biasanya disimpan di database (biasanya sih SQL Server atau Oracle) dan dalam server yang terhubung dalam jaringan. Contohnya paling gampang sih. Misalnya bagian Inventory melakukan pembelian barang digudang, secara otomatis maka jumlah barang akan bertambah dan bagian Finansial dapat menghitung pembukuan dari aset perusahaan. Kemudian Marketing dapat menggunakan data tersebut dalam transaksi penjualan atau lainnya. Yah nanti kalo udah pada kerja di perusahaan yang beneran sih banyak contoh rumit lainnya.

Next step : Aplikasi buat dukung ERP ada banyak. Contoh yang paling terkenal deh adalah SAP. Sampai sekarang penulis belum mengetahui singkatannya (percaya deh pasti ada) soalnya temen penulis yang kerja di perusahaan yang mengimplementasikan SAP-pun tidak mengetahui singkatannya. Kalau ada yang tahu, please inform me ya (;_;). Ok lanjut deh. SAP itu asalnya dari Jerman dan ditujukan untuk perusahaan large company, yang pasti karena harganya yang super mahal. Menggunakan bahasa pemrograman ABAPER sebagai alat developing dan customize.

Selain itu Microsoft pun tidak mau kalah dan menciptakan Microsoft Navision AXAPTA dengan bahasa pemrogramannya sendiri yaitu X++. Selain itu Microsoft juga mengakuisisi perusahaan pembuat aplikasi bisnis lainnya yang bergerak di middle size company yaitu eEnterprise dan diberikan nama baru yaitu Microsoft Great Plains dengan bahasa pemrogramannya Dexterity. Selain itu Microsoft juga membuat aplikasi Microsoft Small Business Solution yang ditujukan untuk small size company. Pangsa pasar yang berbeda menunjukkan tingkat kerumitan dan kelengkapan dari integrasi dengan berbagai sumber daya perusahaan.

Mungkin banyak yang bertanya kenapa sih ada bahasa pemrograman untuk mendukung aplikasi ERP tersebut. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan mempunyai banyak perbedaan dan gaya dalam berbisnis sehingga diperlukan suatu aplikasi yang dapat dengan dinamis menyesuaikan diri dengan perusahaan tersebut. Hmm sekedar pengiklan deh, saat ini penulis bekerja sebagai developer dan customize dari Microsoft Great Plains jadi programmer Dexterity deh (;_;). Gak susah banget sih pokoknya mirip C banget. Yang penting kemampuan logika pemrograman deh.

Sebenernya sih inti dari aplikasi yang bergerak di bidang ERP adalah DATABASE (tolong perhatikan huruf besarnya (>_< ) ). Hal ini dikarenakan semua data disimpan di database dan aplikasi akan mengolah data tersebut menjadi bentuk yang kita inginkan. Makanya belajar SBD (Sistem Basis Data) dan PBD (Perancangan Basis Data) waktu kuliah yang bener tuh. Hehehehe

Udah deh kepanjangan dan udah cape deh ngetiknya. Ckckckck ini semua karena "dipaksa" Fany. Hikshiks susah deh nolaknya pakai rayuan segala deh (oops itu boong deh yg terakhir) (^_^)

Byebye night

Related Posts



Related Posts



1 comment:

Anonymous said...

SAP: SOFTWARE APPLICATION PRODUCT
yang gw tau si itu kepanjangannya.kebetulan dulu waktu kuliah pernah bikin seminar tentang SAP.

boleh tw ga ya untuk program DEXTERITY lebih jauh?bisa tolong invite ke alis_cozier (ym) supaya bisa diskusi lebih jelas. butuh info cepet soalnya